Anak gak mau makan harus bagaimana?

Well,

Bisa dibilang ini adalah salah satu problematika langganan para orang tua, dan yang pasti bikin kita ikutan stress liatnya. 

Luna adalah tipikal anak cukup susah makan, apalagi nasi. Lain sama nyemil ya.. juaraaaaaaa itu mah. Mungkin nurun dari aku, walaupun belum ada pembuktian secara ilmiah kalau penyakit susah makan ini genetik, tapi biasanya sih kalau dulu ibunya susah makan, pasti anaknya akan susah makan. Kalau aku sih liatnya kualat sama emak kite yee.. hahahaha.. 

Cerita soal susah makannya luna ini bisa dibilang cukup panjang. Dimulai dari BB luna yang stuck di usia 6 bulan. Agak sedih sih sebenernya, tapi apa mau dikata. Segala macem makanan yang mengandung lemak lebih dari mulai EVOO , UB, Keju, sampai berbagai macam kaldu, tetep gak bisa menaikkan BB luna. Tapi di masa ini Luna masih mau makan walaupun ngga banyak. Dan buahpun rutin dikasih, sebagai pengganti makanan yang ngga terlalu banyak masuk. 

Mulai parahnya menjelang 1 tahun. Luna bener bener gak mau makan sama sekali. Pusing tujuh keliling emaknya. Jangankan nasi, roti aja gak mau. Laukpun ngga mau. Yang masih masuk adalah puree buah. Jadilah tiap hari buah ngga boleh putus. 1 hari tuh 1 buah jambu biji merah sendiri. Selain itu, karen luna juga tidak begitu suka makanan instan, jadinya kalau dibeliin bubur atau nasi tim instanpun ngga kemakan. 

Dibilang stress mah pasti ya. Apalagi sampai bikin berat badan Luna turun 1 kg hanya dalam 1 minggu.. duh nak.. susah susah dinaikin padahal.. paling sedih kalau udah mandiin luna, nyabunin tuh rasanya pilu liat tangan anak kecil amat yaa.. huhuhu.. Ibukupun juga ikutan stress. Pas usia luna udah setahun, Ibuku sampai beli madu syamil yang katanya bisa buat naikin berat badan, well at least nambah nafsu makan. Tapi luna gak suka madunya, mungkin aneh kali ya rasanya. Lucunya, Ibuku sampai bikinin air tajin buat Luna 😂 hahahaha kagak doyanlah anaknya 😂

Cobalah aku tanya sana sini, ternyata aku tidak sendirian. Beberapa teman yang anaknya umur sepantaranpun mengalami hal yang sama. Anaknya lagi pada susah makan, lagi GTM..  

kalau kata Ibuku dan mertuaku sih beranggapan karena mau ngelancarin jalan, jadi ngenteng-ngentengin badan. Memang pada masa itu Luna lagi mulai belajar jalan.. 

Saking stressnya aku sampai sempet pengen datang ke dokter spesialis gizi karena takut luna kurang gizi, mengingat BBnya jauh di bawah normal diusianya. Sampai suatu hari aku pergi ke DSA lain, dan aku mengeluhkan soal Luna yang bertubuh mungil, susah makan dan BBnya kurang. Bukannya memarahi, beliau malah bertanya “sudah bisa jalan?” . Aku bilang Sudah. “Gak apa apa.. kalau anak kurang gizi itu belum bisa jalan bu..” . Wow! aku terhenyuk dan seperti ada kepercayaan diri, karena sebelumnya aku suka dimarahin DSA lain karena anakku BBnya kurang. Mendengar ucapan DSA tadi aku langsung berfikir.. Alhamdulillah yang penting anakku normal 😇

Terus kenapa sih anakku gak mau makan?

Kalau yang aku udah baca, banyak faktor ya mendukung kenapa si anak gak mau makan. Biasanya hal umum yang bikin anak gak mau makan adalah tumbuh gigi dan sedang tidak enak badan (sakit) . Tumbuh gigi atau teething adalah faktor kuat kenapa anak gak mau makan.. biasanya gusi bengkak, jangankan untuk makan, tersentuh tangan kita saat menggosok gigi aja udah nangis nangis gak karuan. Nyeri pastinya. Makanya kalau lagi teething aku lebih sering kasih anak buah dingin agar membantu meredakan gusinya yang sedang bengkak. Kalau anak sedang batuk atau pilek, pasti ngga mau makan. Mungkin karena ada slam (lendir) di tenggorokan bikin  anak suka males makan. sedang sariawan atau panas dalam juga bisa bikin anak kehilangan nafsu makan, bahkan terkadang untuk menyusupun tidak mau. 

Selain itu banyak juga alasan anak tidak mau makan atau makan hanya sedikit. Salah satu diantaranya bosan dengan menu makanan, mau pinter — lancarin jalan ; mau ngomong, lambungnya kecil (kalau kata ibuku) , ada masalah pencernaan , bahkan ada juga yang disebabkan karena “emang lagi masanya” heheeh.. 

Lalu, apa yang aku lakukan saat itu?

  1. Jangan Panik. ini penting banget lho buibu.. kita sebagai orang tua apalagi ibu gak boleh terlalu baper kalau anak lagi gak mau makan. bukan berati cuek juga, yang penting jangan panik.
  2. Cari tahu penyebabnya. Mungkin awal awal kita masih bingung, tapi nanti lama kelamaan kita bisa tau ini anak tidak nafsu makan/gak mau makan karena apa. terus observasi kondisi anak. 
  3. Tetap beri asupan makanan atau minuman ke anak. Apapun bentuk ya, tidak harus nasi. Banyak kok pengganti karbohidrat seperti kentang, ubi dan singkong. Luna pernah kok 1 minggu cuma mau makan ubi doang 😂 . jangan lupa juga beri anak asupan Buah baik dalam bentuk puree atau diolah dalam pudding. Pokoknya harus tetap ada makanan yang masuk, untuk menghindari anak dehidrasi yang terkadang gejalanya suka tidak kita sadari. Makanya kalau lagi gak mau makan biasanya aku kasih cemilan aja ke luna, dan aku biarin dia makan apa aja, yang penting perut gak kosong jadi dia juga gak uring uringan. 
  4. Variasikan Menu makanan. Kalau yang ini usaha yang  cukup berhasil juga menurutku. Ada kalanya anak bosen makan sayur sop, bosen makan nasi, atau menu yanh itu itu aja, jadinya dia males makan deh. Mungkin juga karena sudah tau rasa, anak mau rasa makanan yang lebih tasty tapi tetap tanpa MSG yaa.. hehehe.. 
  5. Jangan paksa anak makan. ini justru bikin anak malah bungkam dan jadi gak mau makan. biarin aja anak yang menentukan dia mau makan apa ngga, kalau lapar dia akan cari makan juga kok.. Kasih anak porsi sedikit terlebih dahulu, dan buat anak untuk meminta lebih..

Kalau dulu kata ibuku, beliau pernah datang ke dokter anak mengenai aku yang susah makan. Dan kalian tau apa yang dikatakan dokter 

” Bu.. jangan dipaksakan, biar anak makan atas kemauannya sendiri, biar cuma 1-2 butir nantinya akan merangsang pencernaanya”

Kata ibu ku sih metode ini berhasil ke padaku, buktinya sekarang aku gak bisa berhenti makan, hahaha.. 

Tapi bener juga kata bu dokter, hal ini aku aplikasikan ke Luna, sekarang sih udah mendingan makannya. Walaupun terkadang ada mogok mogoknya juga, tapi udah ngga pusing lagi.. karena udah tau cara mengatasinya.. hehehe..

Oh iya, karena susah makan, dari usia 6 bulan luna sudah pakai suplement zat besi. Dulu sih pakai Ferlin Drop, tapi setelah 1 tahun ini Luna ganti suplement pakai merek Ferriz Drop, kayak gini bentuknya :


Takarannya 1ml/hari , dan aku cuma kasih sehari sekali setelah makan siang. Lumayan ngaruh sih ke nafsu makan luna, dan luna ada kenaikan BB dan tinggi badan setiap bulan walaupun tidak banyak.. 🙂

Pada intinya sih, kita tidak perlu khawatir berlebihan. Ketika anak tidak mau makan kita harus bersabar dan putar otak gimana cara anak tetap mau makan (tetap ada asupan)  tanpa harus memaksanya. Pokoknya jangan kaget aja saat memasuki usia 1 tahun biasanya suka GTM.. luna juga kok.. 3 bulan malah.. tapi begitu jalan lancar, dia mau makan lagi. Terus nanti ada masa GTM lagi pas tumbuh gigi geraham, sabar aja.. jangan panik ya mom! 

“kita tidak sendirian kok.. semua orang tua pasti mengalaminya..”

Oke deh..

Ciao!

•LunaNoMama

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s